Redirect 301: Cara Ganti Nama Domain Tanpa Kehilangan Posisi Di Page One Google

Permasalahannya begini, karena satu dan lain hal kamu harus ganti nama domain. Padahal domain tersebut metric-nya sudah sangat bagus. Trafik kenceng, index banyak, artikel banyak yang page one di google, backlink banyak, DA/PA dan metric lainnya sudah oke. Bagaimana caranya supaya setelah pindah domain, domain yang baru dapat mewarisi metric dari domain lama? Redirect 301 jawabannya. Dan beginilah caranya untuk menerapkan redirect 301 pada website kamu.

301 redirect merupakan cara pengalihan/redirect webpage yang paling effisien dan seo friendly (recomended by google webmaster team).

Kasus yang pernah saya alami adalah pergantian domain name karena masalah trade mark. Dengan menggunakan redirect 301 ini kita tidak perlu takut lagi kehilangan trafik dari domain lama, semua trafik dari domain lama akan di alihkan ke domain baru. Semua artikel yang sudah terindex atau page one di google akan dialihkan ke domain baru sesuai dengan slug artikelnya. Misal, url artikel yang terindex di google adalah domainlama.com/artikel-yang-pertama maka dengan cara redirect 301 ini akan diteruskan ke domainbaru.com/artikel-yang-pertama bukan hanya diteruskan ke halaman utama domainbaru.com saja.

Sebelum melakukan redirect pastikan website baru kamu sudah up dan mempunyai struktur yang sama persis dengan website lama. Caranya dengan migrasi dari web lama ke web baru (file+database). Jika kamu belum tau cara migrasi web dari 1 server (misalnya share hosting) ke server lain (misalnya vps) silahkan pakai panduan yang ada di VPS Mastery.

Setelah website baru up maka seting file konfigurasi nginx yang ada di /etc/nginx/site-available/domainlama.com seperti di bawah ini

….

server_name domainlama.com www.domainlama.com;
return 301 https://www.domainbaru.com$request_uri;

…..

Setelah itu restart nginx dengan perintah #sudo systemctl restart nginx

Selesai. Sekarang coba akses url dengan menggunakan domainlama maka semua postingan akan diarahkan ke domainbaru dengan slug tiap postingan masih sama persis dengan slug dari domainlama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *